Rabu, 25 April 2012

Kuota BBM di Jateng

Pemerintah Turunkan Kuota BBM Bersubsidi
07/04/2012 02:00:08 SEMARANG (KR) - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemprov Jateng Teguh Dwi Paryono mengungkapkan, kuota BBM bersubsidi untuk Jateng tahun ini diturunkan oleh pemerintah pusat. Jika tahun lalu (2011) Jateng menerima jatah 2,7 juta kilo liter, tahun ini (2012) kuota untuk Jateng hanya 2,3 juta kilo liter.
Teguh Dwi Paryono mengatakan hal ini kepada wartawan di Semarang Kamis (5/4). Dikhawatirkan dengan diturunkannya kuota BBM khususnya jenis premium untuk Jateng, tidak akan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam satu tahun. Kuota tersebut hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga November mendatang
Untuk menekan konsumsi BBM jenis premium menurut Teguh, pemerintah dengan didukung  masyarakat harus melakukan  penghematan. Pemerintah mengimbau kepada masyarakat yang memiliki mobil pribadi atau mobil mewah, agar tidak menggunakan BBM bersubsidi, tetapi menggunakan BBM jenis pertamax.
Menurut Teguh, sebenarnya BBM bersubsidi seperti premium hanya diperuntukkan bagi masyarakat kecil dan angkutan umum. Jika peruntukan tersebut bisa sesuai dengan harapan, maka kuota 2,3 juta kilo liter bisa untuk memnuhi kebutuhan masyarakat dalam satu tahun ini.
Pemerintah mengakui penggunaan BBM bersubsidi selama ini tidak tepat sasaran, karena sebagian besar dikonsumsi oleh pemilik mobil pribadi. Sedangkan masyarakat kecil atau pemilik kendaraan bermotor roda dua dan angkutan umum hanya mengonsumsi sebagian kecil saja.
“Persentase masyarakat kecil yang menggunakannya sangat kecil. Dari data yang dimiliki Kementerian ESDM tahun 2011, konsumsi BBM bersubsidi untuk Jawa dan Bali mencapai 41,78 KL jauh melebih kuota sebanyak 1,27 juta KL.Dari jumlah tersebut, konsumsi oleh pemilik mobil pribadi mencapai 53 persen. Pengguna sepeda motor yang identik dengan masyarakat menengah ke bawah 40 persen saja. Sisanya dikonsumsi oleh mobil barang,” tutur Teguh.
(Bdi)-o

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda