Sabtu, 05 Januari 2013

Peluang & Resiko Media Online

MEDIA ONLINE : PELUANG DAN RESIKO

Berkembangnya teknologi informasi akibat arus globalisasi sudah tidak terbendung lagi. Dengan demikian berbagai usaha disektor perdagangan barang dan jasa sangat cepat berkembang. Seperti model pakaian yang dipamerkan di Paris malam ini, besok pagi sudah bisa di akses di Jakarta. Begitu juga produk-produk lain bisa ditawarkan di berbagai media secara online. Disatu sisi media online merupakan sarana penghubung antara penjual dengan konsumen secara langsung sehingga biaya distribusi akan semakin  berkurang yang berdampak harga jual akan relatif murah bila dibandingkan dengan barang/jasa yang dijual di boutiq, showroom, atau toko-toko lainnya. Dengan media online ini disamping dari aspek harga akan lebih murah juga dari segi distribusi akan lebih cepat karena transaksi bisa dilakukan secepatnya. Namun perlu diingat konsekuensi jual beli melalui media online ini disamping mempunya keuntungan yang sangat besar tadi juga memiliki resiko yang besar pula. Oleh karena itu konsumen harus waspada terhadap kemungkinan penipuan jual beli melalui media online. Ada beberapa trik bagi konsumen agar tidak terjadi kerugian; pertama, pihak penjual harus benar-benar kita ketahui secara pasti identitas, "treck record"nya; kedua barang yang akan dibeli secara bisnis cukup rasional misalnya hargaya standar atau lebih murah dibawah normal. Namun janggan terjebak dengan harga miring yang jauh dari rasionalitas bisnis. Jadi harus bisa dihitung secara matematis apakah barang tersebut telah memiliki profit walaupun kecil bagi penjualnya. Sebab bisa jadi dengan harga yang sangat murah semata-mata hanya menarik konsumen agar melakukan transaksi tetapi kenyataanya barangnya tidak ada sehingga konsumen akan tertipu oleh tipu muslihat pelaku bisnis online yang tidak bertanggung jawab. Di beberapa daerah telah banyak korban oleh tipu daya jual beli online, namun tidak sedikit pula yang telah berhasil dengan memanfaatkan bisnis ini, oleh karena itu waspadalah.
(Drs. Oman Yanto, MM : Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda