Minggu, 23 Desember 2012

Sasaran Pasar Otomotif

 SEGMEN MENENGAH KE ATAS AKAN JADI PANGSA PASAR PELAKU OTOMOTIF DI AKHIR TAHUN

Menjelang akhir tahun menjadi momen yang sangat penting bagi pelaku otomotif untuk memanfaatkan akhir tahun guna memasarkan produknya dengan berbagai promosi yang menggiurkan, baik dalam bentuk hadiah tertentu maupun "discont" (potongan harga) atau mungkin "cash back" terhadap calon konsumen agar melakukan transaksi. Oleh karena itu di akhir tahun akan menjadi ajang "rebutan" konsumen bagi semua pelaku otomotif guna menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Dari sisi regulasi hal ini bukan lah suatu yang dilarang asalkan tidak menyalahi aturan seperti ketentuan down payment (uang muka) minimal 30% dari harga kendaraan. Kemudian dalam hal promosi tidak mengelabui konsumen seperti tingkat keiritan kendaraan misalnya 1 banding 12 harus benar-benar bahwa minimal setiap 1 liter cukup untuk 12 km bagi kendaraan roda empat atau 1 banding 40 maka setiap kendaraan harus mampu menggunakan bahan bakar minimal 40 km bagi kendaraan roda dua. Apabila hal-hal seperti itu tidak benar maka termasuk kategori pelanggaran terhadap Undang-undang Perlindungan konsumen dalam hal promosi terhadap barang/dan atau jasa yang diperdagangkan. Walaupun akan semakin kerasnya persaingan sehingga terjadi rebutan pangsa pasar namun sebagian masyarakat kita masih banyak yang cenderung mendasarkan pada "brand" merek tertentu walaupun harganya relatif lebih tinggi.Untuk kelas roda empat seperti merek Toyota, Honda, Daihatsu dan Suzuki dan lainnya. Sementara di kelas roda dua merek Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki dan seterusnya. Banyaknya inovasi yang dibuat pabrikan kendaraan roda empat maupun roda dua tentunya akan menyedot daya tarik konsumen untuk membeli kendaraan sehingga di akhir tahun ini sampai dengan awal bulan tahun depan  populasi kendaraan akan semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya konsumen yang melakukan "indent" (pesanan) terhadap dealer-dealer kendaraan yang sudah menawarkan berbagai varian yang cukup menarik karena adanya inovasi-inovasi baru yang menarik minat konsumen khususnya kelas menengah ke atas terlebih kendaraan yang dibandrol harganya berada di kisaran Rp 100.000.000 (Seratus juta rupiah) sehingga tidak dianggap terlalu mahal kaena masih terjangkau oleh sebagian besar orang. Terlebih dengan hadirnya dealer baru Toyota di kota carica ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi. Walaupun akan semakin menambah populasi kendaraan di Wonosobo khususnya atau di Jateng pada umumnya akan tetapi kehadiran dealer merupakan tuntutan kebutuhan masyarakat dalam melakukan servise sehingga lebih dekat dan lebih mudah disampai memberikan dampak pertumbuhan ekonomi karena adanya investasi yang dapat memajukan daerah.
(Drs. Oman Yanto, MM : Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda