Senin, 02 Juli 2012

BjLS di Koran KR

Kedu Utara

Beredar BjLS Ilegal, Disperindag Sidak Toko Besi


Agus Sigit | Jumat, 22 Juni 2012 | 05:18 WIB | Dibaca: 90 | Komentar: 0
Sidak Tim Pengawasan Barang dan Jasa Disperindag menemukan produk BjLS tak ber-SNI. (Foto: Ariswanto)
WONOSOBO (KRjogja.com) – Tim Pengawas Barang dan Jasa Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah bersama penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Disperindag) Kabupaten Wonosobo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko besi di Wonosobo.

Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Disperindag Kabupaten Wonosobo, Drs Oman Yanto MM kepada KRjogja.com, Kamis (21/6) mengatakan, sidak di sejumlah toko besi tersebut guna menindaklanjuti adanya surat dari Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementrian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia No.714/M-DAG/SD/4/2012 tentang Penarikan Barang Baja Lembaran Lapisan Seng (BjLS) merek KING ELEPHANT dan No.716/M-DAG/SD/4/2012 tentng Penarikan BjLS merek GAJAH & GADING.

“Kedua produk BjLS tersebut terbukti tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (LSI), sehingga peredaran barang ilegal tersebut dilarang oleh pemerintah dan harus segera ditarik dari pasaran,” tandasnya.

Hasil sidak di sejumlah toko besi di wilayah Kota Wonosobo, tim pengawasan barang dan jasa menemukan dua produk BjLS tersebut masih dijual bebas di pasaran. Padahal sesuai uji laboratorium, kedua produk tersebut tidak memenuhi SNI dan dilarang peredarannya.

Terkait hasil temuan tersebut, tim pengawasan akan melayangkan surat  kepada perusahaan terkait agar segera menarik produk BjLS belum ber-SNI tersebut dan tidak lagi menjualnya.

Tim pengawasan juga menghimbau kepada toko-toko besi lainya untuk tidak menjual dua komoditi tersebut. Nantinya dua produk BjLS tersebut akan segera ditarik oleh produsen terkait. Hal itu dilakukan guna menghindari kerugian di pihak konsumen, baik dari segi kualitas, tmutu, dan keamanan. (Art)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda