Sabtu, 04 Agustus 2012

Beras

You are here: Home Seputar Wonosobo Beras Surplus 15000 Ton, belum perlu Operasi Pasar

Beras Surplus 15000 Ton, belum perlu Operasi Pasar

E-mail Cetak PDF
Distribusi pangan di Kabupaten Wonosobo masih dalam level aman. Stok beras saat ini dinyatakan berada posisi surplus 15000 Ton. Selain itu harga masih dipasaran terkendali yakni Rp 6300 per Kilogram.

“Fluktuasi harga di pasar tradisional masih berada pada angka 5 persen. Dengan kondisi demikian, operasi pasar belum diperlukan,” ungkap Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Wonosobo Tri Waluyo Slamet kemarin (12/5)
Dijelaskan dia , dari pantauan di salah satu pasar, harga beras juga masih sangat terkendali. Namun kondisi tersebut tidak lantas membuat masyarakat Wonosobo terlena, karena kondisi lokal saat ini juga memiliki ketergantungan terhadap situasi global.
“Kekayaan sumber daya pangan Wonosobo yang melimpah sudah seharusnya dimanfaatkan secara benar, termasuk bagaimana mengurangi ketergantungan terhadap beras, dengan diversifikasi pangan berbasis sumber daya pangan lokal,”katanya
Disebutkan dia, bahwa dengan kondisi tanah dan geografis yang sangat mendukung, Wonosobo memiliki potensi pangan pengganti beras yang memadai, seperti umbi-umbian, kentang, maupung sayur-sayuran.
“Berdasar pemikiran ini , kami lakukan upaya program diversifikasi pangan sebagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” tandasnya
Tujuananya, kata dia, untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan kesadaran untuk perubahan perilaku dalam mengkonsumsi pangan dengan basis sumber daya pangan lokal.
“ Harapan kita masyarakat bisa memahami potensi pangan lokal di wilayah masing-masing,sehingga bisa memutus ketergantungan dari luar wilayah Wonosobo,”katanya (rase)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda