Selasa, 27 Maret 2012

Pantauan LPG

E-mail Cetak PDF

Menjelang hari Raya Idul Fitri, Para Agen Resmi LPG 3 kilogram diminta untuk menjaga distribusi pasar serta menjaga stabilitas harga. Sebab, memasuki dua pekan sebelum lebaran diperkirakan kebutuhan gas elpiji meningkat, agar tidak terjadi kelangkaan para agen diminta melakukan pengawasan terhadap para agen.
“ Kita sudah kumpulkan semua agen resmi LPG untuk berkomitmen menjaga distrubusi pasar sekaligus ketetapan harga agar tidak terjadi disparitas,” ungkap Oman Yanto kepala seksi Distribusi dan Perlindungan Konsumen .
Para egen resmi, kata dia, sudah dikumpulkan untuk melakukan kooriddinasi dan komitmen menjaga distribusi pasar menghadapi leberan. Dalam pertemuan tersebut juga diikuti Bagian Perekonomian, Polres, Hiswana Migas serta Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE). Para agen resmi yang dilibatkan meliputi PT. Amanah Mitra Selaras,PT.Amita Surya Jaya,PT.Bumi Pelita Asri, dan PT.Rizky Illahi.
“ Para agen kita minta benar-benar menjaga kondisi pasar agar tidak terjadi kelangkaan, selain itu harga pasaran tidak boleh melampaui harga eceran tertinggi (HET),”katanya.
Keempat  agen tersebut, imbuh dia,  telah menyatakan kesiapanya dalam menyambut pasokan untuk selama puasa dan lebaran. Menurutnya, kuota pasokan untuk Wilayah Wonosobo per hari sebanyak 10.250 tabung. Jumlah ini memang selama ini belum terserap 100 persen. Kendati begitu memasuki puasa dan lebaran aen diminta untuk bener-benar menjaga distribusi demi memenuhi kebutuhan pasar.
“ Target kita pada tahun ini tidak ada kelangkaan gas elpiji 3 kilogram,”katanya.
Sebagai antisipasi, kata dia, selama ramadhan hingga lebaran nanti diberlakukan penambahan pasokan fakultatif pada hari-hari tertenti yakni pada tanggal 14,17;21,28,31 Agustus. Agar distribusi berjalan lancar, para agen diwajibkan benar-benar memantau pangkalan masing-masing.
“ Pangkalan ini perpanjangan tangan dari agen, maka agen punya kewajiban melakukan distribusi sekaligus mengontol harga,”tandasnya.
Dengan cara ini, imbuh Oman, diperkirakan untuk pemenuhan kebutuhan gas elpiji 3 kilogram selama puasa dan lebaran di Wonosobo akan aman.
“ Kalau mekanisme yang kita sepakati dengan para agen berjalan, dipastikan tidak ada kelangkaan, atau disparitas harga ditiap pangkalan di seluruh Wonosobo,” pungkasnya. (rase)

1 komentar:

  1. Didesa kami gas 3kg langka. Saya pengecer gas 3kg kekurangan stok. Kebutuhan saya perbulan 250 tabung sampai 300 tabung. Barangkali bisa membantu mencari solusi. Terima kasih

    BalasHapus

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda