Jumat, 16 Maret 2012

LPG di KR Jogja

Wonosobo Rawan Kelangkaan Elpiji 3 Kg


Ivan Aditya | Jumat, 17 Februari 2012 | 11:49 WIB | Dibaca: 37 | Komentar: 0
Disperindag Wonosobo lakukan pemantauan distribusi gas elpiji 3 kg. (Foto : Ariswanto)
WONOSOBO (KRjogja.com) - Berdasarkan hasil evaluasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Wonosobo terkait distribusi gas elpiji 3 kg di sejumlah wilayah pada triwulan pertama 2012, ternyata menunjukkan adanya sisa kekurangan kuota gas elpiji 3 kg yang belum terpenuhi cukup tinggi atau kuota terbatas. Kondisi ini membuat Wonosobo rawan kelangkaan gas elpiji 3 kg.
Kepala Disperindag Wonosobo Soeharto didampingi Kasi Bina Usaha dan Perdagangan Oman Yanto kepada KRjogja.com, Jumat (17/2) membenarkan adanya sisa kekurangan kuota gas elpiji 3 kg yang belum terpenuhi dalam triwulan pertama tahun ini. Artinya jumlah penerima elpiji bersubsidi di Wonosobo sudah jauh melebihi kuota yang ditetapkan Pertamina.
Disebutkan, dari alokasi gas elpiji 3 kg sebanyak 10.660 tabung per hari, berdasarkan kuota Pertamina 2012 ini ternyata masih terdapat sisa kekurangan kuota cukup tinggi. Realisasi ketersediaan pasokan pada Januari saja mencapai 261.440 tabung dan kebutuhan normal hanya sebesar 21.786 tabung per bulan.
Bahkan sampai minggu kedua Februari 2012, realisasi gas elpiji 3 kg rata-rata ada tambahan 609 tabung per hari dan masih ditambah fakultatif sebanyak 3.360 tabung. Dengan kondisi tersebut membuat sisa kekurangan kuota elpiji masih cukup banyak.
“Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, meski belum sampai terjadi kelangkaan, namun realisasi gas elpiji 3 kg di Wonosobo setiap bulannya melebihi kuota yang ada, sehingga selalu kekurangan,” tandasnya.
Mengantisipasi kekurangan pasokan gas elpiji 3 kg yang berlarur-larut, Disperindag Wonosobo mendesak pihak Hiswna Migas segera berkoordinasi dengan Pertamina dan agen. Hal itu dilakukan agar tidak sampai terjadi kelangkaan gas elpiji di lapangan. (Art)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda