Jumat, 16 Maret 2012

Mainan Impor Masuk Pastrad

01 Februari 2012 | 08:43 wib
102 Jenis Produk Impor Dipantau Ketat
 0
 
 3
WONOSOBO, suaramerdeka.com - Hampir semua pasar tradisional di Kabupaten Wonosobo sudah diramaikan dengan barang buatan China. Lebih dari 102 jenis produk China sudah masuk ke pasaran Wonosobo termasuk makanan dan minuman yang sudah berkompetisi dengan minuman khas daerah carica.
Disperindag Kabupaten Wonosobo melakukan pemantauan terhadap peredaran produk negeri Naga tersebut. Pihaknya sudah melakukan survei dan menunjukkan, industri dalam negeri mengalami penurunan penjualan. Keuntungan dari hasil produk lokal sendiri juga ikut merosot.
Kepala Disperindag Wonosobo, Soeharto MM, Rabu (1/2) mengatakan, hasil survei tersebut juga memotret perilaku pedagang yang lebih suka menjual produk buatan China daripada menjual karya anak negeri. "Ini disebabkan beberapa produk China mempunyai keunggulan daripada produk lokal. Pekan ini kami terus melakukan pemantauan ada sekitar 102 jenis produk," katanya.
Namun, dari sisi kualitas, imbuhnya, produk dalam negeri sebenarnya lebih unggul dibandingkan produk China. Menurutnya, hal itu karena produk dalam negeri menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Sementara banyak produk China yang tidak memiliki SNI walaupun kaya inovasi dan kreasi.
Satu-satunya jalan untuk membendung produk China masuk adalah dengan memberlakukan SNI wajib bagi barang impor yang masuk ke Wonosobo.
( Edy Purnomo / CN31 / JBSM )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda