Jumat, 16 Maret 2012

Ancaman Bagi Toko Kecil

24 Maret 2011 | 13:03 wib
90 Persen Toko Kecil Terancam Bangkrut
 0
 0

Wonosobo,CyberNews. Sebanyak 90 persen toko dan kios tradisional di Kabupaten Wonosobo terancam gulung tikar. Pantauan tim Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) di 15 kecamatan ancaman itu disebabkan maraknya swalayan atau supermarket pada tiap-tiap titik sentral.
Kepala seksi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Disperindag Wonosobo, Drs Oman Yanto MM mengemukakan, sebanyak 7 kecamatan menunjukkan tren baru bahwa mayoritas toko-toko berpotensi bangkrut. "Kios dan toko kecil di Wonosobo tidak berkembang dan berpotensi bangkrut," katanya, Kamis (24/3).
Dia mengatakan, permasalahan yang muncul bagi pemilik kios dan toko kecil yakni, adanya persaingan ketat dengan supermarket dan swalayan yang sudah tersebar hingga tingkat kecamatan.
"Manajemen pengelolaannya juga masih konvensional sehingga sulit bersaing," ungkapnya. Para pemilik toko yang ada di pedesaan, kata dia, rata-rata tidak mempunyai pasokan modal yang memadai.
Oman mengatakan, pihaknya pada tahun 2011 ini akan melakukan pendataan secara menyeluruh.
"Kami akan melakukan pendataan perihal nasib toko kecil," ungkapnya. Dia menambahkan, pentingnya ada pemetaan kembali batas supermarket yang ada di Kabupaten Wonosobo. Menurutnya, persoalan toko kecil perlu dimasukkan dalam Perda RT/RW.
( Edy Purnomo / CN15 / JBSM )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda