Senin, 06 Agustus 2012

Iklan Menyesatkan

Suara Kedu
06 Agustus 2012
Jelang Lebaran Iklan Menyesatkan Marak
  • Konsumen Diminta Teliti
 
 
 
WONOSOBO-Menjelang Lebaran sejumlah pelaku usaha gencar menawarkan sejumlah produk dengan iklan yang bombastis. Iklan-iklan tersebut dinilai  menyesatkan sehingga bisa merugikan konsumen.

Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan Disperindag Wonosobo, Oman Yanto MM Minggu (5/8) mengatakan, dalam pemantauan di lapangan banyak ditemui sejumlah produk dengan iklan menyesatkan. Namun pihaknya masih belum membeberkan secara detail karena masih dikaji.

''Sebagian iklan tidak sesuai kenyataan. Pelaku usaha baik produsen maupun pedagang melakukan promosi dengan berbagai cara baik dengan memberikan hadiah, diskon atau voucher belanja, atau kartu anggota agar konsumen merasa tertarik dengan produk yang mereka jual. Saat ini kami pantau agar tidak sampai merugikan masyarakat,'' katanya.
Dijelaskannya, pelaku usaha baik produsen maupun pedagang yang melakukan pembohongan publik akan dijerat dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Pasal 9. Dalam aturan itu pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklankan suatu barang dan atau jasa secara tidak benar.

Kriteria iklan larangan yakni antara lain barang tersebut telah memiliki potongan harga, harga khusus atau standar mutu tertentu, keuntungan tertentu, tidak mengandung cacat tersembunyi, atau menggunakan kata-kata yang berlebihan seperti aman, tidak berbahaya, tidak mengandung risiko atau efek sampingan tanpa keterangan yang lengkap.
Selain itu pelaku usaha juga dilarang menawarkan barang yang menyesatkan mengenai harga, kegunaan suatu barang maupun menaikkan harga atau tarif barang sebelum melakukan obral.

''Kami mengimbau agar konsumen teliti dan tidak terpancing dengan iklan-iklan yang menggiurkan," katanya.
Dalam waktu dekat ini Disperindag bersama tim gabungan juga akan melakukan pemantauan terhadap sejumlah produk palsu dan kedaluwarsa yang dimungkinkan beredar jelang Lebaran.(H67-28) (/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda