Kamis, 26 April 2012

Bahaya Minol

BAHAYA MINOL
Dalam ilmu kimia alkohol adalah sebutan untuk senyawa kimia organik yang mengandung gugus hidroksil (-OH) dan terikat pada atom karbon. Atom karbon tersebut, kemudian terikat pada atom karbon lain. Manfaat alkohol dalam kehidupan sangat banyak. Alkohol bisa digunakan untuk kebutuhan medis, otomotif, kecantikan, dan campuran bahan minuman.

Namun apa yang terjadi jika alkohol tidak dinikmati secara wajar dan cenderung berlebihan. Pasti dampak negatif yang akan selalu muncul. Sebelum membahas lebih jauh, anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu minuman beralkohol. Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu.



Etanol atau jenis alkohol yang biasa terkandung dalam minuman alkohol bisa diproduksi dari proses permentasian buah, gandum, atau ragi. Etanol adalah jenis alkohol yang bisa diciptakan secara alami. Etanol, bahkan, sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan dikenal dengan istilah obat untuk bersenang-senang yang paling tua dan paling banyak digunakan.

Mengkonsumsi minuman beralkohol kini seperti menjadi bagian gaya hidup dari sebagian masyarakat Indonesia. Berawal dari sekedar coba-coba, banyak yang kemudian akhirnya ketagihan dengan jenis minuman yang satu ini.

Minuman beralkohol memiliki kadar yang berbeda-beda. Misalnya, bir dan soda alkohol (1-7 % alkohol), anggur (10-15 % alkohol), dan minuman keras atau biasa disebut dengan spirit (35-55 % alkohol). Konsentrasi alkohol dalam darah dicapai dalam 30-90 menit setelah diminum.

Selama ini dampak negatif dari konsumsi alkohol berlebih yang paling banyak diketahui orang adalah mabuk semata, dan itupun dapat hilang dengan sendirinya. Tapi ternyata efek negatifnya tidak berhenti sampai disitu saja. Bukan hanya menyebabkan mabuk, namun alkohol juga memiliki dampak negatif lain bagi tubuh. Dampak minuman yang mengandung alkohol tinggi pada manusia adalah merusak sistem metabolis tubuh manusia yang kemudian menimbulkan ketagihan dan merusak sebagian unsur otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda