Kamis, 19 April 2012

Pengecer Manipulasi Data BBM

SUARA KEDU
19 April 2012
Belasan Pengecer Gelembungkan Jatah BBM
 0
  0
WONOSOBO- Belasan pengecer bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi melakukan penggelembungan jatah mingguan yang semula hanya 100 liter dinaikkan menjadi 600 liter. Diduga para pengecer sudah melakukan kerja sama dengan para pengelola SPBU.

Modusnya, pengecer memalsukan angka yang sudah dipatok Disperindag. Selain itu, pengecer juga ada yang mencoret besaran jatah mingguan menjadi harian. Dalam inspeksi mendadak (sidak) Disperindag Wonosobo, Rabu siang (18/4), dari belasan yang terpantau melakukan penggelembungan. Dua pengecer resmi BBM di Kecamatan Kalikajar izinnya dicabut. Langkah tegas itu untuk sebagai tindak lanjut untuk mengantisipasi penimbunan dan penindakan dari distribusi yang salah sasaran.

Kepala Disperindag Wonosobo, Soeharto MM melalui Ymt Kasi Binas Usaha Perdagangan Oman Yanto mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat ke pengecer yang bermasalah. Menurutnya, dalam pantauan di lapangan pengecer kerja sama dengan SPBU.

Disperindag memastikan akan membekukan dua pengecer BBM berjerigen. Hal ini dilakukan karena dua pengecer tersebut telah memanipulasi data volume yaitu dengan merubah isi surat izin pengecer yang tidak sesuai dengan verifikasi awal oleh Disperindag. 

Dua pengecer tersebut yakni Sabar Ali (45) warga RT 4 RW 8 Baruklintang, Kecamatan Sapuran dengan cara menutup dengan alat tulis surat izin dengan menambah volume menjadi 600 liter per minggu dari sebelumnya sekitar 100 liter perminggu pada SPBU 44.563.06 Kedalon Kalikajar. 

Sementara satu lagi yakni Pawito (30) warga Semunggang RT 17 RW 6 Desa Perboto Kecamatan Kalikajar pada SPBU 44.563.04 Bojasari Siyono Kertek. Pawito  membuat data palsu dengan merubah  volume menjadi  420 liter per minggu dari sebelumnya 210 liter per minggu dengan cara di-scan sehingga seolah-olah surat tersebut asli yang dikeluarkan oleh Disperindag. .(H67-45) (/) 
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda