Rabu, 04 April 2012

Tera Ulang UTTP

Alat Timbang Milik Perum Pegadaian sedang ditera ulang

TERA ULANG UTTP DI SAPURAN



Pelaksanaan tera ulang alat Ukur Timbang Takar dan Perlengkapannya (UTTP) yang dilaksanakan di Kecamatan Sapuran pada hari pertama tanggal 3 April 2012 hanya  diikuti 20 pedagang yang melakukan tera ulang alat timbangan, pada hari kedua tanggal 4 April 2012 melonjak tajam menjadi 80 orang pedagang yang melakukan tera ulang ini. Hal ini bukan semata-mata para pedagang mengabaikan kegiatan ini melain karena hari biasa. Akan terlihat terakahir pada hari Kamis ini tanggal 5 April 2012 sehubungan dengan pasaran untuk pasar tradisional Sapuran. Banyaknya pedagang yang melakukan tera ulang biasanya bersamaan dengan hari pasaran karena sekaligus menjadi aktifitas masyarakat dalam melakukan jual beli di pasar tradisional.
Kegiatan tera ulang ini sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam hal ini Balai Metrologi Magelang yang bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Wonosobo. Kegiatan rutin ini dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang  No. 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pelaksanaan kegiatan rutin ini dilakukan satu tahun sekali yang dilaksanakan di 15 kecamatan se-Kabupaten Wonosobo selama 28 hari. 
Dengan demikian masyarakat dihimbau agar senantiasa melakukan tera ulang bagi pemilik alat ukur/takar/timbang dan perlengkapannya baik yang ukuran besar maupun ukuran kecil karena merupakan kewajiban setiap pemilik terlebih bagi alat-alat tersebut yang akan digunakan sebagai alat untuk menjual suatu barang karena keakuratan harus sesuai dengan standar kemetrologian.
Pelaksanaan tera ulang ini diikuti oleh Tim dari Balai Metrologi Magelang sejumlah 5 orang dan tenaga reparatir yaitu mitra kerja Balai Metrologi dari Sakarsakti sebanyak 20 orang tenaga.

(Drs.Oman Yanto,MM : Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen/Ymt. Kasi Bina Usaha Perdagangan).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda