Kamis, 08 Maret 2012

Dana Stimulus Fiskal


EVALUASI DANA STIMULUS FISKAL
(Disajikan dari Hasil Mengikuti Rakor Pusat-Daerah di Hotel Jayakarta Jakarta
  Pada Tanggal 3-5 Desember 2009)

Oleh :
Drs. Oman Yanto, MM
(Kepala Seksi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan).


            Rakor Pusat-Daerah ini  terselenggara ata Prakarsa dari Kementrian Dalam Negeri yang penulis ikuti langsung setelah 3 hari sebelumnya mengikuti diklat manajemen pasar pada kementrian perdagangan. Tujuan dari rakor ini adalah dalam rangka menyamakan persepsi mengenai anggara-anggaran yang dilaksanakan daerah baik itu yang berasal dari Kementrian Perdagangan, Kementrian Koperasi dan UMKM ataupun Kementrian Dalam Negeri perlu adanya keselarasan terlebih menjelang akhir tahun 2009.
            Narasumber dari kegiatan ini adalah dari Bappenas, Kementrian Perdagangan, Kementrian Koperasi dan UMKM serta Kementrian Dalam Negeri. Hasil rakor ini tentunya diharapkan terjadinya suatu percepatan penyelesaian dan penyerapan anggaran sehingga sesuai dengan jadwal  yang telah ditentukan. Ada beberapa daerah memang yang diperkirakan belum bisa menyelesaikan 100% kegiatan pembangunan karena beberapa faktor. Untuk Wonosobo ada dua kegiatan yaitu Pembangunan Pasar Penunjang Sayur Mayur Siwuran Garung dengan dana 1,5 M yang berasal dari Kementrian Perdagangan dan sudah selesai sesuai jadwal setelah dilakukan addendum kontrak. Sedangkan Pembangunan Pasar Tradisional Garung di biayai dari Kementrian Koperasi dan UMKM yang sudah sampai 70% dan rencananya selesai sesuai kontrak.
            Kegiatan revitalisasi pasar ini dilaksanakan oleh 7 Kementrian atau lembaga setara kementrian yang memiliki anggaran untuk kegiatan pembangunan pasar. Oleh karena itu perlunya pelaksanaan koordinasi agar bisa berjalan sesuai harapan dan memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan dari masing-masing institusi terkait. Namun demikian perlunya rekomendasi kepada kementrian keuangan agar diberikan penambahan waktu pencairan dana sampai pertengahan Januari 2010 bagi daerah yang belum selesai diakhir desember 2009.
Dengan demikian maka antara pusat dan daerah perlu sinergi agar program yang dijalankan sesuai harapan dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pedagang di pasar tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda