Senin, 12 Maret 2012

FGD-Metrologi


FGD-METROLOGI
(Disajikan dari Hasil Mengikuti Focus Group Discustion Kemetrologian di Hotel Daffam Semarang pada Tanggal 19 -20 April 2011)


            Kegiatan ini diikuti oleh Sambutan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah yaitu  Ir. Ihwan Sudrajat, MM. Bahwa pertama diadakannya penyerahan predikat tertib ukur kepada dua pasar di Semarang yaitu Pasar Gayamsari dan Pasar Pedurungan. Kemudian Lomba Pasar Tradisional yaitu juara Pasar Segamas di Purbalingga. Rencana Tahun 2012 bahwa kondisi makro ekonomi Jawa Tengah. Tingkat pertumbuhan ekonominya naik 6,25%, ekspor non migas naik tahun 2010  adalh 3,67%.
            Tantangan bidang perdagangan yaitu : mengendalikan inflasi harga pangan terutama beras, menjaga stabilitas harga, barang impor semakin murah, pengendalian distribusi barang antar pulau. Dan tantangan sektor industri yaitu : 45% ketergantungan bahan baku dan suku tenaga tidak kompetitif. Dengan permasalahan yang ada apakah kandungan lokal bisa mencapai 40%, nilai yuan (mata uang China) turun dan nilai tukar rupiah menguat.
            Narasumber utama Usman dari Direktorat Metrologi Bandung dengan materi kebijakan kemetrologian menyampaikan beberapa kajian. Pertama mandatori memberikan kewajiban. Standar dan integritas. Untuk unit pelayanan ada empat BSML yaitu regional I di Yogyakarta dengan NSPK yaitu pelayanan dan pengawasan. Setiap daerah dapat membentuk UPTD dengan syarat : surat keterangan kemampuan tera/tera ulang, gedung kantor dan Sumber Daya Manusia yaitu dengan diklat selama 9 bulan.
(Drs. Oman Yanto, MM: Kepala Seksi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda