Rabu, 07 Maret 2012

Workshop Kesehatan


WORKSHOP KESEHATAN
(Disajikan dari hasil mengikuti workshop kesetahatan di Balai Besar POM Jl. Madukoro No. 8 Semarang Pada Tanggal 29 Juli 2009)
Oleh :
Drs. Oman Yanto, MM
(Kepala Seksi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan)

Bidang kehatan merupakan aspek terpenting bagi seseorang karena menjadi kunci utama bagi semua orang untuk melakukan segala aktifitasnya. Kualitas kesehatan seseorang akan ditentukan olah pola hidup termasuk bagaimana mengkonsumsi makanan yang sehat dan baik menurut kesehatan. Masalahnya semakin banyaknya produk makanan maka akan semakin banyak pula orang memakan makanan yang seolah-olah baik tetapi kenyataanya berbahaya.
Beragamnya jenis makanan yang beredar di pasaran baik itu makanan segar, makanan olahan maupun siap saji bahkan makanan jajanan akan semakin berpengaruh pada mutu suatu pangan yang akan dikonsumsi oleh konsumen (masyarakat). Dinisiah pentingnya pengawasan produk pangan agar masyarakat dapat terhindar dari segala bentuk makanan yang membahayakan baik dari segi bahannya yang bisa jadi dicampur dengan bahan yang melebihi ambang batas yang ditentukan atau bahkan dicampur dengan bahan berbahaya, pengolahannya sehaarusnya diolah secara baik (good manufacturing practices) tetapi kenyataanya tidak memenuhi syarat kesehatan maupun mutu semua akan berakibat pada kerugian konsumen baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.
Jika digolongkan maka yang termasuk pada Bahan Tambahan Pangan (BTP) adalah ; pewarna, pemanis buatan, pengawet, antioksidan askorbat, anti kempal, penyedap rasa dan aroma, pengatur keasaman, pemutih dan pematang tepung serta  pengeras. Selain BTP ada bahan berbahaya yang tidak boleh dicampur dengan makanan seperti pewarna jenis metanil yellow, dan rhodamin b, pengawet yang berbahaya adalah boraks dan formalin.
Oleh karena itu masyarkat (konsumen) dihimbau agar memilih makanan olahan yang memiliki izin edar yaitu tanda MD untuk produk dalam negeri, ML untuk produk luar negeri (impor) dan P-IRT untuk hasil home industri (industri rumah tangga).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi blog kami
Silahkan tinggalkan pesan Anda